TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN POHON KEPUTUSAN - MKTJ - POLTRAN
MKTJ - POLTRAN
TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN DENGAN POHON KEPUTUSAN
Contoh penyelesaian masalah dengan pohon keputusan pada masalah transportasi Dengan lima pilar keselamatan transportasi jalan
. Pilar-1: Manajemen Keselamatan Jalan, bertanggung jawab untuk mendorong terselenggaranya koordinasi antarpemangku kepentingan dan terciptanya kemitraan sektoral guna menjamin efektivitas dan keberlanjutan pengembangan dan perencanaan strategi keselamatan jalan pada level nasional, termasuk di dalamnya penetapan target pencapaian dari keselamatan jalan dan melaksanakan evaluasi untuk memastikan penyelenggaraan keselamatan jalan telah dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Pilar-2: Jalan yang Berkeselamatan, bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur jalan yang berkeselamatan dengan melakukan perbaikan pada tahap perencanaan, desain, konstruksi dan operasional jalan, sehingga infrastruktur jalan yang disediakan mampu mereduksi dan mengakomodir kesalahan dari pengguna jalan.
Pilar-3: Kendaraan yang Berkeselamatan, bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap kendaraan yang digunakan di jalan telah mempunyai standar keselamatan yang tinggi, sehingga mampu meminimalisir kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh sistem kendaraan yang tidak berjalan dengan semestinya. Selain itu, kendaraan juga harus mampu melindungi pengguna dan orang yang terlibat kecelakaan untuk tidak bertambah parah, jika menjadi korban kecelakaan.
] Pilar-4: Perilaku Pengguna Jalan yangBerkeselamatan, bertanggung jawab untuk meningkatkan perilaku pengguna jalan dengan mengembangkan program-program yang komprehensif termasuk di dalamnya peningkatan penegakan hukum dan pendidikan.
Pilar-5: Penanganan Korban Pasca Kecelakaan, bertanggung jawab untuk meningkatkan penanganan tanggap darurat pasca kecelakaan dengan meningkatkan kemampuan pemangku kepentingan terkait, baik dari sisi sistem ketanggapdaruratan maupun penanganan korban termasuk di dalamnya melakukan rehabilitasi jangka panjang untuk korban kecelakaan
Dari pohon keputusan tersebut diambil keputuasan untuk menangani keselamatan jalan dengan pembuatan RUNK ( rencana umum keselamatan transportasi ) 2011-2035 dengan membuat pilar pilar keselamatan transportasi yang di tangangi instansi terkait.karena tujuan utamanya adalah menurunkan tingkat kecelakaan ( zero accident )
Komentar
Posting Komentar