perkembangan teknologi transportasi
BAB 2
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI
21
REVOLUSI TRANSPORTASI
Transportasi
senantiasa penting untuk kemanusiaan. Peradaban manusia telah maju karena
sektor transportasu telah maju pula. Rudiyars Kipling pernah mengatakan bahwa transportasi
adalah peradaban (transportation is
civilization). Seperti pembangunan dalam seni dan ilmu pengetahuan,
kemajuan transportasi adalah relatif lamabat jika ditinjau dari perspektif
sejarah manusia. Kaki manusia merupakan kekuatan gerak kita yang utama selama
hidup kita. Revolusi pertama dalam transportasi terjadi setelah berhasil
dijinakkannya binatang-binatang kuda dan sapi sehingga dapat dimanfaatkan untuk
mengangkut beban muatan yang berat atau untuk menarik kendaraan-kendaraan
primitif, dan setelah itu berhasil pula digunakannya layar untuk menggerakkan
dan mendorong perahu terapung yang memuat manusia dan barang-barang. Dengan
penemuan roda (yang sangat menakjubkan) telah memungkingkan peningkatan
kapasitas transportasi yang berarti pula mampu meningkatkan kapasitas
produktif.
Revolusi pertama
tersebut terjadi beberapa ribu tahun yang lalu. Jika dilihat perkembangan
terjasinya revolusi tersebut dapat dikatakan hanya terjadi dalam beberapa waktu
yang silam dalam sejarah kemanusiaan. Revolusi berikutnya terjadi sekitar dua
ratus tahun yang lalu. Kejadian tersebut ditandai oleh
penyempurnaan-penyempurnaan desain dan ukuran kapal-kapal yang diperlengkapi
dengan alat-alat bantu navigasi yang memungkinkan orang-orang Eropa Barat yang
berhasil melakukan perjalanan jarak jauh melalui laut luas, menyebarkan
kebudayaannya dan melakukan perdagangan ke seluruh penjuru dunia.
Revolusi
transportasi yang paling risen (recent) yang masih dalam proses adalah
peggantian tenaga binatang dan tenaga angin oleh tenaga mekanik.
Manusia-manusia mempunyai kemampuan imajinatif dari masa purbakala seperti
Learus sampai Leonardo da Vinci yang sangat nyata, senantiasa memimpikan
sepanjang umurnya untuk mendesain kendaraan-kendaraan transportasi modern.
Transportasi modern mulai dikembangkan setelah ditemukannya mesin uap oleh
James Watt dalam tahun 1769. Kapal-kapal uap dan kereta api dengan tenaga uap
telah berhasil dioperasikan.
Tenaga uap
memungkinkan terjadinya revolusi industri yang telah berhasil meningkatkan
kapasitas produktif dan memungkinkan produksi bahan-bahan mentah dan
hasil-hasil produksinya didistribusikan secara massal. Dalam satu abad lebih
sedikit mesin uap yang pertamaa dioperasikan, maka ditemukanlah mesin
pembakaran internaldan industri minyak mulai dibangun dan dikembangkan. Hal ini
telah memungkinkan diproduksinya otomobil, bus, truk dan pesawat terbang.
Minyak menggantikan batubara sebagai bahan bakar untuk kapal laut, dan setelah
Perang Dunia II lokomotif dengan bahan bakar untuk kapal laut, dengan cepat
didesak (digantikan) oleh tenaga diesel. Selama beberapa dasawarsa yang lalu
terjadi penyempurnaan dalam bidang ketenagaan meliputi penemuan mesin jet dan
roket (yang prinsipnya telah diketahui oleh orang-orang Cina sekitar 2000 tahun
lalu). Dan tenaga atom khususnya dalam bidang transportasi samudera nampaknya
mempunyai hari depan yang meyakinkan.
Akhirnya dapat
disimpulkan yaitu tenaga penggerak merupakan kunci kemajuan teknologis yang
utama terhadap pembangunan transportasi. Kendaraan-kendaraan, jalan raya, dan
kelembagaan telah dikembangkan untuk memanfaatkan setiap hasil kemajuan dalam
penerobosan ketenagaan. Terdapat tiga revolusi transportasi besar,
masing-masing terdiri dari suatu perubahan besar dalam tenaga penggerak yang
diikuti oleh suatu periode penyempurnaan jangka panjang. Revolusi kedua terjadi
hanya beberapa ratus tahun setelah revolusi kedua. Tingkat perubahan setelah
revolusi ketiga berlangsung lebih cepat dan nampaknya semakin pesat.
Revolusi
trasnportasi terjadi secara bertahap, yaitu (1) yang pertama adalah
keberhasilan manusia menjinakkan binatang (kuda) yang digunakan sebagai penarik
kendaraan dan digunakannya layar untuk mendorong perahu, (2) yang kedua adalah
penemuan roda yang mampu menggerakkan kendaraan berkapasitas angkut lebih besar
dan lebih cepat, dan (3) yang ketiga adlah penemuan Revolusi Industri, dengan
diketemukannya mesin uap yang mendorong perubahan berbagai sektor
(transportasi, industri, dan sebagainya).
Pembangunan
transportasi tidak berlangsung seirama dengan pembangunan ekonomi dan
pembangunan sosial, tetapi perubahan-perubahan di dalam sektor transportasi
memungkinkan perubahan-perubahan di sektor lainnya, dan
keterbatasan-keterbatasan transportasi akan membatasi pembangunan dimana-mana.
Misalnya apa yang kita kenal dewasa ini tentang peledakan jumlah penduduk,
tanpa revolusi transportasi yang lebih dulu terjadi, peledakan penduduk, tanpa
revolusi transportasi yang lebih dulu terjadi, peledakan penduduk tidak akan
mungkin terjadi seperti sekarang ini.
Pada masa kini
para penumpang dan pemakai jasa angkutan mengutamakan faktor kecepatan (speed) dan kapasitas (capasity). Dengan penyempurnaan dan
perbaikan yang telah dilakukan, maka berhasil didesain kendaraan-kendaraan yang
dapat mengangkut penumpang dan barang secara lebih cepat dan dalam jumlah yang
lebih besar. Pesawat-pesawat terbang jet mampu mengangkut penumpang atau
berton-ton muatan barang. Roket bertenaga tinggi telah digunakan untuk
mengangkut muatan jenis khusus di dunia, demikian pula perjalanan di luar
angkasa.
Di darat,
teknik-teknik baru di bidang pengawasan keselamatan angkutan jalan raya
memungkinkan perjalanan dengan kecepatan tinggi dan pengiriman yang terjamin
tingkat keandalan dan keselamatannya. Kereta api mungkin dioperasikan tanpa
menggunakan awak. Pemakaian peti kemas sistem angkutan modern akan terus
berkembang. Berbagai teknik yang beraneka ini sudah jelas akan mengakibatkan
modifikasi-modifikasi terhadap desain sarana angkutan modern.
Perbaikan-perbaikan
yang pesat diharapkan terjadi pula dalam teknologi angkutan pipa. Selain
dipakai untuk megangkut minyak bumi dan hasil-hasilnya, dapat pula untuk
mengangkut batu bara yang telah dihancurkan, serbuk kayu dan gandum.
Sistem
transportasi masa secara cepat di daerah-daerah metropolitan dan antara
pusat-pusat konsentrasi penduduk yang berdekatan harus dan akan disempurnakan
dan diperluas. Angkutan dengan mobil-mobil seperti pada waktu yang lalu sudah
kurang cocok, disamping itu lalu lintas kota akan bertambah semakin padat dan
mengalami kemacetan. Untuk angkutan komuter (dari daerah pinggiran ke pusat
kota) dan pemanfaatan kereta api di bawah tanah (subway) nampaknya merupakan satu-satunya pemecaahan untuk
daerah-daerah yang sangat padat dan di kota-kota yang lebih besar.
Kapal-kapal
hydrofoil dewasa ini telah diapaki untuk mengangkut penumpang dan barang di
perairan pedalaman dan perairan yang tidak berombak besar. Hovercraft digunakan
di atas air, rel, jalan raya dan bahkan di atas permukaan tanah.
Banyaknya tenaga
kerja kasar di sektor transportasi dan distribusi akan disusutkan jumlahnya
walaupun tidak untuk seluruhnya. Pekerjaan-pekerjaan justru tulis rutin dan
administrasi yang kurang penting dilayani oleh komputer elektronik. Dokumen
tentang kegiatan lalu lintas (arus penumpang dan barang) sudah banyak
dikomputerisasikan.
Semua
perkembangan yang disebutkan di atas merupakan teknologi yang disebutkan di
atas merupakan teknologi yang berlangsung dewasa ini. Meskipun, kita dapat
menemukan sesuatu yang baru yang lebih baik tetapi faktor keterbatasan yang
dihadapi adalah biaya. Fasilitas dan cara-cara lama mungkin masih lebih murah,
tetapi fasilitas dan cara-cara lama tersebut akan menjadi lebih mahal jika
tidak dimanfaatkan sama sekali. Oleh karena itu sebelum membangun fasilitas
yang lebih modern terdapat desakan secara ekonomis dan sosial untuk
memanfaatkan secara maksimum fasilitas yang ada sekarang.
Memperhatikan
perkembangan di bidang transportasi yang pesat pada waktu-waktu yang akan
datang, maka dapat diperkirakan bahwa sistem transportasi tidak bersifat
kompetitif secara bebas dan leluasa, demikian pula yang dirumuskan dalam
kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan.
Telah dirancang
pula untuk memproduksi mobil terbang (aircar).
Transportasi melalui terowongan di bawah laut dan pembangunan jalan menembus
bukit telah dilakukan. Kemajuan transportasi adalah spektakuler dan
berteknologi tinggi . Begitu pula dengan perlengkapan perlengkapan Teknologi
yang telah di ciptakan untuk membantu meningkatkan keselamatan baik pada kendaraan
maupun jalan hal tersebut tentu akan akan memperbaiki segala permasalahan yang
ada di bidang transportasi
Hambatan ruang
dan kendala waktu yang telah lama diatasi oleh seluruh pelosok dunia telah
dijangkau oleh jasa transportasi. Modernisasi dan globalisasi perekonomian dan
peradaban manusia didukung oleh sistem transportasi yang semakin efektif dan
efisien.
Inovasi
teknologi mendukung revolusi transportasi, yang selanjutnya mendorong
modernisasi perdagangn dan telekomunikasi. Terdapat inovasi modernisasi atau
revolusi 4T (yaitu Technology,
Transportation, trade, dan Telecomunication)
yang merupakan fenomena kemajuan peradaban modern yang semakin maju.
#makalah perkembangan teknologi transportasi,perkembangan teknologi komputer transsportasi, manajemen keselamatan transportasi jalan, manajemen rekayasa lalu lintas.manajemen lalu lintas,mktj,politeknik keselamatan transportasi jalan.
Komentar
Posting Komentar