Menggali sisi keselamatan Bus di perusahaan karoseri Laksana
Senin 28 desember 2015 saya bersama tim orientasi yang sudah
direncanakan sebelum liburan ingin melakuakan kunjungan kerja ke perusahaan
tersebut untuk mengetahui sisi keselamatan untuk angkutan umum terutama untuk
moda darat yaitu bus ,bukan hanya itu karena saya juga mempunyai hobi yang
gemar berkaitan dengan bus memang sudah jauh” hari sudah menggagas ide tersebut
jauh jauh hari.
Karoseri
berasal dari bahasa Belanda Carrosserie adalah rumah-rumah kendaraan yang
dibangun di atas rangka/chasis mobil atau chasis khusus bus ataupun truk. Pada awalnya
karoseri di Indonesia menggunakan rangka kayu, yang dilapisi dengan plat logam
tipis. Industri ini berkembang dengan sangat pesat pada tahun 1970an, dan pada
saat itu banyak mobil penumpang ataupun minibus yang dibangun dari pickup,
termasuk juga pembuatan bus dari chasis truk. Sekarang hanya bus dan truk yang
banyak diproduksi oleh industri karoseri disampaing kendaraan khusus seperti
ambulans, pemadam kebakaran.Teknologi baru dalam pembangunanan karoseri adalah
Monocoque yang mempunyai tingkat keselamatan yang lebih tinggi serta kenyamanan
yang lebih baik, dan penggunaan bahan-bahan ringan dan kuat seperti aluminium,
kaca serat termasuk serat arang (Carbon fibre).
Didirikan
pada tahun 1967 Laksana dimulai tendangan pertama sebagai sebuah toko mesin di
Semarang. Toko awalnya difokuskan pada mesin otomotif. Dalam tiga tahun pertama
toko tumbuh pesat bahwa pada tahun 1970 itu harus pindah ke lokasi yang baru
diperluas. Beberapa divisi didirikan dalam beberapa tahun ke depan dan pada
tahun 1977 Laksana diperluas untuk divisi auto-manufaktur dengan produk utama
pertama: Mitsubishi T-120 minivan. Pesatnya pertumbuhan divisi auto-manufaktur
membutuhkan lokasi yang lebih jauh lebih besar. Dalam satu tahun yang pada
tahun 1978, divisi ini dipindahkan ke Ungaran (pabrik produksi kami saat ini).
Dalam hal ini baru dibangun pabrik 5.000 m2, bus serta kendaraan komersial dan
swasta berkumpul. Tanaman ini kemudian lebih lanjut menambahkan beberapa kali
di tahun-tahun berikutnya. Hadir hari itu sekitar 70.000 m2, dan masih terus
berkembang. Ini ekspansi yang terus berkembang memungkinkan pengembangan
beberapa divisi yang mendukung jalur produksi utama, serta peningkatan
kapasitas produksi kami 1000 bus per tahun yang membuat Laksana pembangun bus
terbesar di Indonesia sampai saat ini.
Dalam orientasi yang saya lakukan
saya di dampingi manager HRD dan di bantu oleh salah satu staf HRD dari
perushaana tersebut , setelah mendapatkan penjelasan menegenai seluk beluk
karoseri Laksana dan sistem keselamatan yang ada baik di perusahaan maupun di
bus yang begitu banyak dari manajer kami
bergegas dan dibawa oleh salah satu staf untuk mengetahui proses pembuatan bus
yang dibuat di karoseri Laksana. Ada berbagai tipe yang dibuat antara lain
Discovey , Legacy , Tourista , Cityland , dan bus BRT baik yang biasa ataupun
gandeng .
Satu sistem baru yang menjadi
inovasi keselamatan adalah pemasangan sabuk pengaman “safety belt” di bagian
depan dan bagian paling belakang kursi, jadi bukan hanya untuk pengemudi saja ,
hal tersebut didasari karena banyaknya kejadian kecelakaan bus yang
mengakibatkan penumpang yang ada di kursi depan atau yang paling belakang
terpental jauh karena tidak ada pengaman. Inovasi itulah yang baru saya temukan
di karoseri di Indonesia sebenarnya masih banyak sistem keselamatan yang telah di terapkan di karoseri laksana.
Komentar
Posting Komentar