EURO 1 2 3 4 5 6
Standar Emisi Euro 1 sampai dengan
euro 6 di mata orang awam
Standar Emisi Euro 1 sampai
dengan euro 6 di mata orang awam
hmm
artikel ini adalah buah pertanyaan bagi saya sebagai orang yang awam tentang
standar emisi, well kita sering melihat dan didengung – dengungkan standar euro
1, euro 2, euro 3, euro 4, euro 5 malah mau mencapai euro 6, selama ini kita
hanya mengukur suatu kendaraan berpolusi atau tidak dengan mengandalkan
indra kita, yaitu melihat dan merasakan, misal kendaraan berpolusi itu
motor 2 tak karena berasap, bus atau truk dengan asap mengepul hitam itu sudah
bisa kita tebak melebihi standar emisi, hmm memang ada benarnya kalau
dilihat secara visual, bagaimana dengan cara penghitungan pengukuran? berapakah
emisi CO ( Carbon monoxide ) berapa Emisi HC ( Hydrocarbon) berapa Emisi CO2 (
Carbon dioxide) , masuk kategori standar euro yang mana? ini
memerlukan suatu tools khusus. Euro atau European
Emission Standards merupakan batas ideal emisi gas buang versi Eropa. Level
terakhirnya kini Euro5
. Setiap empat atau lima tahun sekali, standar ini
direvisi dengan ketentuan yang lebih ketat. Indonesia masih memberlakukan
ketentuan standar Euro2 berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup
No 141/2003 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru
yang efektif berlaku sejak 2007. selama ini kita dipaksa memakai Catalytic
Converter untuk menekan emisi, tapi Kualitas Bahan Bakar tidak
memadai, bagaimana mungkin mobil sudah memenuhi Euro4, sementara kualitas
bahan bakar minyak di Indonesia masih memenuhi spesifikasi Euro2. disamping itu
pendukung utamanya selain bahan bakar juga ada fasilitas uji emisi yang
memadai. wah ceritanya kepanjangan ini, karena seringnya lihat mobil diesel
atau truk tertulis euro 1 dan euro 2, ingin share dengan juragan yang pakar dan
ahli masalah emisi.
Komentar
Posting Komentar