Bagaimanakah cara pengaturan sistem lalu lintas terkoordinasi (ATCS)?

                                         ( Ruang Kontrol ATCS Dishubkominfo Surakarta )

        Sedikit berbagi ilmu yang saya dapatkan ketika liburan semester kemarin , 3 hari berkelana mencari ilmu , hari pertama dan kedua belajar di Dinas Pergubungan Provinsi Jawa Tengah dan dan dihari ketiga mengunjungi Dishubkominfo Kota Surakarta , banyak sekali pengalaman baru yang didapatkan , dan fokus utama adalah keselamatan jalan karena saya kuliah di jurusan manajemen keselamatan transportasi jalan ( MKTJ ) . namun kali ini saya ingin berbagi informasi apa itu ATCS dan bagaimana cara kerjanya. ia karena ilmu tersebut saya dapatkan di Dishubkominfo Kota Surakarta yang sudah melakuakan rekayasa lalu lintas utamanya dengan teknologi terbaru pengaturan simpang dengan sistem ATCS. Baik langsung saja ke materi Apa itu ATCS :
Definisi
ATCS adalah Automatic Traffic Control System yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah pengaturan lalu lintas di jalan raya.

Tujuan penerapan ATCS
Tujuan dari penerapan ATCS adalah untuk mempermudah kerja manusia dalam mengatur traffic light pada setiapv jalur yang ada. Dengan menggunakan system ATCS ini juga dapat meminimalisir masalah human error dalam pengaturan traffic light. Sistem ATCS ini memberikan keamanan dan kemudahan dalam melakukan manajemen pengaturan traffic light, sehingga dapat memberikan data dan informasi tentang perubahan kondisi lalu lintas atau tingkat kepadatan pada setiap jalur yang selalu berubah-ubah, sehingga dapat dilakukan pengaturan pewaktuan pengaturan nyala lampu lalu lintas secara otomatis dan seketika (adaptif) pada setiap jalur.

Sistem Pengaturan ATCS
ATCS (Automatic Traffic Light Control System) telah digunakan pada kota-kota besar seperti Surakarta, Jakarta, Bandung, Surabaya untuk mencegah terjadinya kemacetan.
Tetapi meningkatnya jumlah kendaraan menyebabkan ATCS berfungsi kurang optimal. Untuk itu dibuat sistem ATCS yang dapat bekerja menentukan lama penyalaan lampu
hijau secara otomatis berdasarkan distribusi kepadatan. Sistem ini mengontrol lampu lalu lintas otomatis dengan menggunakan kamera berbasis mikrokontroller.
Kamera digunakan sebagai pengamat kepadatan kendaraan pada suatu persimpangan. Hasil pengamatan diolah PC sehingga diperoleh prosentase kepadatan pada tiap-tiap jalur Mikrokontroller bekerja menyalakan lampu lalu lintas secara default kontrol yaitu searah dengan arah jarum jam. Jika PC terkoneksi dengan mikrokontroller maka mikrokontroller mengirimkan informasi jalur mana yang ampu hijaunya akan menyala. Kemudian PC mengolah gambar persimpangan dan menentukan besarnya persentase kepadatan serta lama penyalaan lampu hijau untuk jalur yang telah ditentukan. Apabila tidak ada koneksi antara PC dan mikrokontroller maka lama penyalaan lampu hijau adalah 6 detik Persentase kepadatan pada tiap-tiap jalur juga dipengaruhi dari persimpangan sebelumnya yang terhubung pada tiap-tiap jalur secara simulasi. Sistem ini dapat bekerja menentukan lama penyalaan lampu hijau dengan persentase keberhasilan sebesar 100%.
Pada umumnya arah perpindahan lampu lalu lintas dapat diatur sesuai dengan arah jarum jam (clockwise) atau berlawanan arah jarum jam (counter clockwise). Lampu lalu lintas bekerja secara bergantian pada tiap jalur sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dengan urutan menyala lampu hijau, lampu kuning dan lampu merah.
Layar pemantauan pemasangan ATCS pada masing-masing persimpangan Monitor pengatur sistem waktu siklus APILL


Perencanaan Simpang dengan APILL ATCS
Sumber :
1. ppsdmd.bpsdm.dephub.go.id
http://ppsdmd.bpsdm.dephub.go.id/bagaimanakah-cara-pengaturan-sistem-lalu-lintas-terkoordinasi-atcs-86/
2.DIishubkominfo Surakarta


#MKTJ #ATCS ##pengaturan simpang #Safety #traffic Light

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh perhitungan waktu siklus apill

DEFINISI MRLL ( MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS )

manajemen persimpangan